... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Tuesday, August 21, 2007

Sahabat, Persahabatan...

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan tumbuh bersama karenanya. Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya. Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.


Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya. Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.


Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.


Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.


Masihkah ingat kapan terakhir kali kita berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping kita? Siapa yang ingin bersama kita kala kita tak bisa memberikan apa-apa ?
Dia / mereka adalah SAHABAT kita.

9 comments:

Putirenobaiak said...

pantas untuk direnungkan...
aku kdg egois dg sahabat

teruNe sasaQ said...

kucinge sopo kui yuuurs?
hiks..hiks..haru biru...
kucing garong aja bisa bersahabat....
kadang kita saling gontok2an....

Novee said...

waduh, koq postingan nya sama niy...
tp aku posting duluan tgl 26 juni pas Hari Persahabatan Sedunia
heheee...

kw said...

kalau napsu sama sahabat gimana coba?

Muhammad Mufti said...

Sahabat tidak seharusnya hanya untuk berbagi duka dan keluh kesah. Tapi suka dan duka tetap mendapatkan porsi yang sama.

sayurs said...

@Novee : he..he.. aku juga buka2 file lama di komp trus baca2 kok nemu, ya trus posting.. (mgkin dulu dapet dari imel juga kayaknya)

Novee said...

bukan mungkin, tp iya alias bener banget...
soalnya di postingan itu kan saya bilang : jadi inget imel dari temen saya...
heheheee... ga baca siy...
*ngapain? kan isi nya sama...*

sayurs said...

@Novee lagi : kamsutnya aku buka2 file dikomptku (yang dulu pernah sempet ngadat Hdisknya :D) trus nemu.. kliatane aku juga dapet dari imel.. btw thanks Nov..

adekjaya said...

sahabat..masih ingatkah kau..
dibawah meja, diantara bintang..ahh..satu masa yang telah terlewat..