... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Thursday, August 16, 2007

Merdeka ?

Tiap tahun rakyat negeri ini merayakan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Kemeriahan pun selalu mengisi momen ini, mulai dari yang ala kadarnya sampai dengan acara yang besar-besaran, seolah-olah kita selama ini hanya tahu kalau kemerdekaan itu sebatas mengingat dan merayakannya tanpa mengetahui makna kemerdekaan yang sebenarnya.

Padahal kalau melihat kondisi Indonesia sekarang jauh dari makna kemerdekaan, dari sisi ekonomi, pendidikan, pemerintahan, sosial, mengalami kemerosotan dan tidak terlepas dari campur tangan pihak asing. Lalu layakkah negeri ini dikatakan sudah merdeka ?

Kemerdekaan yang ada sekarang ternyata bukanlah kemerdekaan yang sesungguhnya, melainkan pengalihan bentuk penjajahan fisik ke penjajahan pemikiran. Bentuk penjajahan gaya baru inilah yang telah membuahkan hasil. Kondisi negeri yang carut-marut tapi tidak merasa terjajah sedikit pun, contohnya dalam masalah ekonomi dengan diterapkannya sistem privatisasi di negara Indonesia, dengan mudah kekayaan alam seperti hutan, pertambangan laut, listrik dan telekomunikasi dikuasai pihak negara "penjajah".

Ternyata kemerdekaan yang diangggap hakiki belum kita dapatkan pada iklim demokrasi yang selama ini katanya diusung sebagai sistem yang ideal. Kemerdekaan yang hakiki sesungguhnya adalah kemerdekaan yang menghargai dan mengangkat harkat derajat hidup manusia. Kayaknya begitu...

2 comments:

Vie said...

Indonesia belom merdeka tuh.
Sudah sih dulu, tapi terjajah lagi!

Novee said...

yah paling ga kan kita udah ga perlu lagi manggul2 senjata, bawa2 bambu runcing...
ga perlu lagi ketakutan serangan mendadak, lari ke hutan2 dsb seperti yg kita liat brita di tipi...
apa salahnya syukuri dulu yg ada, karna menuju kemerdekaan yg hakiki memang jalan nya panjang...
kalo saya siy bersyukur banget ga ngalamin penjajahan yg kaya dulu, bersyukur banget dg yg ada sekarang walo hanya apa adanya...