... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Wednesday, August 29, 2007

Kedamaian batin sumber kebahagiaan

Kita percaya, bahwa tujuan hidup itu adalah untuk mendapatkan kebahagiaan. Sejak lahir, setiap manusia menginginkan kebahagiaan, bukan penderitaan. Ideologi, tingkat pendidikan maupun kondisi sosial, tidak dapat mempengaruhi hal ini. Kita semua menginginkan kepuasan batin. Yang pasti adalah, bahwa semua manusia yang hidup di atas bumi ini, menghadapi persoalan dalam mencari kebahagiaan untuk dirinya sendiri. Dari itu, yang penting adalah menemukan kondisi-kondisi yang dapat menciptakan kebahagiaan yang sempurna.

Makin banyak kita membahagiakan orang lain, makin besar pula kepuasan batin kita. Dengan memelihara suatu hubungan yang akrab dan hangat dengan orang lain , maka otomatis pikiran kita menjadi tenteram. Kondisi ini dapat membantu menghilangkan rasa takut dan memberi kekuatan pada kita untuk menghadapi setiap cobaan. Hal ini juga sangat berperan dalam keberhasilan kita dalam kehidupan. Selama hidup di dunia ini, kita tidak dapat terhindar dari masalah. Bila saat itu kita kehilangan harapan dan putus asa, maka ini berarti berkurangnya kemampuan kita dalam menghadapi kesulitan. Sebaliknya, bilamana kita selalu ingat bahwa bukan kita saja, tetapi juga orang lain mengalami derita, maka pandangan yang realistis ini dapat memperbesar tekad dan kemampuan kita untuk mengatasi semua kesulitan-kesulitan. Sebenarnya dengan sikap demikian, setiap kesukaran baru dapat dilihat sebagai suatu kesempatan berharga untuk mengembangkan batin kita.

Dengan demikian sedikit demi sedikit kita dapat meningkatkan perasaan belas kasih, yang berarti bahwa kita dapat mengembangkan perasaan simpati yang tulus untuk penderitaan orang lain dan menimbulkan kemampuan kita untuk membantu meringankan penderitaan mereka. Sebagai hasilnya, ketenangan dan kekuatan batin kita akan bertambah. Kita pun makin siap menghadapi realitas kehidupan ini dengan batin yang lebih damai.

5 comments:

mitora in life said...

bener emang, semakin banyak kita membahgaiakan org lain, so kita pun akan bahagia... ^_^

terima = kasih...

LifeByYourHand said...

benar mas....kalo bathin kita tenang dan sehat tidak tercemari Insya Allah...kita tenang..amin..

adekjaya said...

tenang..tenang kawan...ya jelas..

Lodeh said...

Ho-oh, setujuh banget, Yurs...

Novee said...

huaaaaaa..... hiks-hiks-hiks...
aku datang kemari pingin cari postingan yg segar2...
kenapah smuanya srius....