... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Thursday, June 28, 2007

Gudeg Ceker Margoyudan

Gudeg ceker Magoyudan. Enak, karena itu selalu penuh pengunjung meski bukanya mulai jam satu dinihari (wow!!). Konon sudah ada di sana sejak tahun 60-an, usaha turun-temurun. Tempatnya ya segitu-gitu itu, ditrotoar Jl Wolter Monginsidi di daerah Magoyudan Solo.

Demi menikmati lezatnya gudeg ceker ini, meski warung belum buka, orang sudah rela datang tengah malam dan antre. Saat tenda terpasang, satu per satu pelanggan setia Bu Kasno akan bermunculan di warung makan.

Mereka yang datang lebih awal akan menyaksikan bagaimana Bu Kasmorejo (63) yang akrab dipanggil Bu Kasno bersama karyawannya yang juga saudara-saudaranya berjalan kaki keluar dari rumahnya di Kampung Margoyudan dan bolak-balik menggendong bakul-bakul berisi makanan dan menata di tenda.

Semalam aku ke sana, setelah hampir setahun "absen". Gabungan antara perut lapar, cuma sarapan pagi dan siangnya hanya sepotong roti yang masuk perutku, dan citra rasa yang sulit dicari tandingnya, adalah satu porsi jumbo nasi gudeg dan lima belas ceker ayam empuk, plus segelas es teh.

Asyik? ternyata tidak. Perut malah jadi sakit. Bayangkan, dari lapar sekali ke kenyang sekali.

Yang terbaik memang, makan sebelum kelaparan, dan berhenti sebelum kekenyangan. Begitu mungkin ya..

7 comments:

NdaH said...

ajak aku kalo pas ke solo :((

kw said...

mas di kratonan konon ada swieke dahyat! sering kesana. pengen sih kalau pulang mampir, cuman sampai sekarang kok ya belum kesampaian.

mbak lik said...

Le, wah fotone bikin kemecer idu. kapan aq mbok trantir nyeker??!! jiannn kurang asemm tenan, ngiler ki.... nang kene onone mung BCA thok (Bakso Ceker Ayam)

Pinkina said...

yg bener itu "Makanlah setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang"...
I love ceker, i love ceker, i love ceker..... :D

megono_sangit said...

daku menyatakan makan sebelum 'k e l a p a r a n' bukan sebelum 'lapar' karena menurutku terlalu banyak efek dari 'kelaparan', btw thx buat semua..

Novee said...

wua... baru denger beritanya doang di wisata kuliner... seperti nya enak. jadi sdh masuk daftar kunjungan kalo nanto ke solo. minta alamat lengkap nya, Mbah

ichaAwe said...

wah wajib dicoba nih... hrs ke Solo dulu... repot degh