... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Sunday, March 30, 2008

Ulul Amri

Pada satu kesempatan di sebuah pengajian, sang pembicara (penceramah) bertanya kepada para hadirin yang ada,

"Untuk mengetahui bahwa ada Tuhan, ada akhirat, ada sorga dan neraka, serta ada malaikat, iblis dan setan - siapa pihak yang kau percayai untuk memberikan informasi?"

Hadirin menjawab, "Tuhan!"

"Untuk mengetahui hal-hal mengenai bagaimana beribadah, bagaimana berkelakuan baik, bagaimana tidak korupsi, bagaimana menghormati manusia - siapakah pihak yang kau percayai untuk memberikan informasi dan pendidikan tentang hal-hal itu ?"

Hadirin menjawab, "Rasulullah!"


"Untuk mengetahui berapa harta rakyat yang dicuri oleh Pak Harto dan keluarga Cendana, untuk mengetahui apakah Prabowo merekayasa kerusuhan atau tidak, untuk mengetahui kelompok apa saja yang bergulat di sekitar presiden saat ini, bagaimana situasi sembako nasional yang sebenarnya, kondisi negara, dan lain sebagainya - siapakah pihak yang kau percayai memberikan informasi kepada anda semua?"

Para hadirin diam, tidak ada yang menjawab.

"Siapa?", desak sang pembicara, "Orang-orang yang ngobrol di warung, ngerumpi di kafe, yang berkicau di gardu dan pasar? Atau selebaran? Isu yang beredar? atau apa ?"

Para hadirin diam, tidak ada yang menjawab.

Siapa Tuhanmu? Allah.
Siapa Rasulmu? Muhammad.
Siapa Ulul Amrimu?
Para hadirin diam, tidak ada yang menjawab.

Sampeyan punya dan ingin memberikan jawaban?

31 comments:

Zee said...

Saya juga ga tahu...

rizky said...

Sebentar aq maw cari jawabannya.....! setelah pesan-pesan berikut ini

Rey said...

jangan2 malah balik tanya "ulul amri tu apa sih?" nah lho... heheheh :D

Vina Revi said...

Tar, ng-googling dulu, ya!

Ani said...

Walaaaah pe-er buat pembaca judule !

Ayu Ambarsari Hanafiah said...

waaah.. *saya juga tau*

gimana dengan yg lain?

regsa said...

ngetes po piye ?
kok yo tekok sing aneh-aneh koyo ora ngerti aku wae :)

fetro said...

waaduh... :)
om regso yang banyak baca gak tau jawabnya apalagi aku :)

amalia hazen said...

opo kita dah gak punya ullil amri sing tenanan ya..
ampe rakyate we bingung...
cari ulill amri yg bertanggung jawab yo.. tp dimana ya..

astrid savitri said...

mmmmmm............

(pura-puranya mikir, hehe..)

amethys said...

"hati adalah tempat pahala dan dosa bertarung....." (lagune Bimbo)


nah...kita tanya ke hati mereka yukkkkkk

JustYulia said...

aKu maU jawaB giNi...

uLuL aMrI kaN pemiMpIn, daN kiTa aKan memiLih pemiMpiN yaNG menuruT kriTerIa kiTa benAr. taPI kriTeRia seTiaP oRang juGa beDa-beDa kaN??

jaDi sIaPa uLul aMri-mU????

gaK menjawaB ya coMmenTnya???

Si Jagoan Makan said...

Ulul Amri...hmmm...masih sodara ama UUT PERMATASARI nggak sich ?

elyswelt said...

pertanyaanya terlihat nggak begitu sulit tapi jawabannya juga nggak mudah :P

sluman slumun slamet said...

hmmmm, roy suryo kali
:D

isna_nk said...

pertanyaan retorik.... hehe

geLLy said...

metanap yg tanya :D heee

Fiz said...

Jarene seh PEMRENTAH kang...!!!!

pudi-interisti said...

Garuk2 kepala...........SAma bingungnya sama mereka saya. Nek njenengan pripun?

Dony Alfan said...

Pak Harto! Eh salah yo? Ato jangan2 malah sampeyan mas Sayur? Hehe

Gudang Kambing said...

waduh yang punya KTP pasti bisa jawab........

antown said...

ulul amrinya siapa hayo? yang jelas nggak berjenggot panjang-panjang itu :)

cewektulen said...

nggak ngerti jawabannya mas....minta petunjuk :p

yoyo kesambet said...

Wah...maap ya, saya orang baru disini...jadi ndak tau ! hahaha
(komen ndak nyambung)

sayurs said...

#all : terima kasih semua komen dan pendapatnya.. trima kasih juga pada yang masih setia dengan metode fast reader wkakaka..

SatoNa said...

err.. polisi? media massa? hehe..

Rezki said...

Hmmm..eeeee..mmmmm.....walah gak tahu ah..nyerah.

ashardi said...

pake "fifty-fifty" bisa? ato "phone a friend" aja...
:p

dEEt said...

hhmm.. kalo dt jwb bnr, ntar ada hadiah-a gak mas??!xp

adekjaya said...

ulul amri??itu yang jualan sate usus didepan yarsis ya??

enak itu ceker bakar ma teh panasnya..mantebz..jadi kangen maen kesana ma dirimu yur...

Anonymous said...

contd summed leavis resembles wester suman kapoorcs kajumulo springer clause guskey
semelokertes marchimundui