... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Saturday, February 23, 2008

Yaqowiyu

Sebuah tradisi yang masih dilestarikan masyarakat di daerah Jatinom, Klaten, Jawa Tengah adalah Yaqowiyu. Inti acara sebenarnya adalah peringatan haul Ki Ageng Gribig, tokoh penyebar islam di wilayah itu. Tetapi yang akhirnya menjadi semacam ikon kegiatan ini adalah ritual penyebaran kue apem dan diperebutkan oleh pengunjung yang hadir. Acara ini diadakan tiap tahun tepatnya pada hari Jumat yang paling dekat dengan tanggal 15 bulan Shafar pada penanggalan Hijriah.

Tahun ini peringatan tersebut berlangsung hari Jumat (22/02) kemarin. Rangkaian acaranya diawali dengan nyekar ke makam Ki Ageng Gribig dan dilanjutkan dengan pengajian di Masjid Gedhe peninggalan sang kyai pada hari Kamis sebelumnya. Puncak acara dimulai dengan shalat Jumat bersama di Masjid Gedhe. Selesai jumatan, gunungan lanang,dikenal dengan nama Ki Kiyat, dan gunungan wadon, dikenal dengan nama Nyi Kiyat, yang telah disemayamkan semalam di dekat masjid, diarak menuruni tangga menuju panggung di lapangan Sendang Plampeyan (tanah lapang di pinggir Kali Soka, di selatan masjid dan makam Ki Ageng Gribig).

Arak-arakan terdiri dari peraga Ki Ageng Gribig, Bupati, Muspida, kedua gunungan, putri domas, dan para pengawal. Kemudian peraga Ki Ageng Gribig memimpin doa bersama. Selanjutnya, dia menyerahkan apem yang ditempatkan dalam panjang ilang (keranjang terbuat dari janur) kepada Bupati Klaten. Bupati mengawali upacara penyebaran dengan melempar apem dalam panjang ilang kepada pengunjung. Kemudian, petugas penyebar yang berada di dua menara segera mengikutinya dengan melemparkan ribuan apem. Ribuan pengunjung pun tanpa dikomando berebut apem, bahkan sampai terinjak kakinya atau bertabrakan gara-gara ingin menangkap apem. Suasana rebutan apem benar-benar meriah. Dalam waktu singkat 4 ton apem sumbangan dari para warga sekitar habis tak tersisa.

Kata embahnya konon, asal muasal event heboh ini adalah saat sang kyai pulang dari tanah suci membawa oleh-oleh kue apem yang ternyata sampai rumah masih hangat. Para santri pun berebut mendapatkan oleh-oleh tersebut. Karena tidak cukup, maka Nyi Ageng Gribig membuat apem lagi sekaligus untuk dibagikan kepada penduduk Jatinom. Sejak itu orang daerah ini ikutan membuat apem untuk selamatan. Menjaga tradisi sekaligus sebagai ungkapan berbagi pada sesama.

16 comments:

Anonymous said...

Fotomu kuwi lho...persis plek koyo sing dadi headline nang Kedaulatan rakyat...bakat terpendam kayaknya...lha endi oleh2 apem e? aku nang solo wingi ra oleh angpau e...

Me said...

Memangnya di tanah suci sana ada yang bisa bikin kue apem juga ya mas kok sampai2 pak Kyai bawa kue apem dari tanah suci?

Anonymous said...

situ ya juga melu rebutan apem, mesti ngolek kesempatan nyenggol-nyenggol . Ketok yur..

Anonymous said...

Kebagean apem piro Yur....?

amethys said...

yaqowiyu.....hihihi jadi ingat jaman dulu oiiii....
piye yur..putri domas e ayu2 rak??

hihihi

Dony Alfan said...

Bener opo sing diomongke mas tukang nggunem, ato jgn2 kowe ki ncen juru potret handal?
Oya tulisanmu tak posting nang blog dolan ke solo: Yaqowiyu - Klaten

sayurs said...

#panJoel : wah dadi isin.. aku ra weruh sing nang KR, ngertiku rada mirip sing nang Solopos, kebeneran jejer tapi aku mung pocket cam thok he..he.. ndeso ya..

#bunda Ani: kata konon begitu sih..

#regza : wah ra mung nyenggol, nubruk kang, po ra hibat

#joy a.k.a Liexs mas: ra kebagian mas, lha malah muter2 he..he..

#wieda : domas? jelas..

#dony : ra sah melu2 ngecroki..

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said...

yurrr km selama ini ternyata cibuk rebutan apem yo...:D
mana bagianku

kebudayaan ntradisinya masih kental yo yurr yo

Manda La Mendol said...

apem'me pasti kecut soale campur keringet

Rey said...

yur, rebutan apem bukannya pas muludan yaa??
Yang msh jadi tanda tanya, kok msh pada mau rebutan apem sih? emang pertanda apa? si kyai kan bukan sapa2, soal apem yg dibawa msh anget, lha wong pulang haji kok mbawa apem?! ada jg mbawa air zamzam, kurma, bs jadi kan sblm plg ke rmh mampir pasar dulu buat beli apem, jadi msh anget deh, atoo.. apemnya gak sengaja kedudukan pak kyai, jadi anget juga, hehehe...

Budaya yg menarik, tp ati2... ini bukan ajaran Islam lho...

sayurs said...

#gelly : ya begitulah..he..he..

#menDol: ra mung kecut mergo kringet, juga asin mergo upil barang..

#rey: muludan ki rebutan gunungan sekaten. rebutan apem pertanda semarak kali ya. Zam2+kurma kan standar banget, ga aneh gitu lho..
Saling berbagi, silaturahmi, kebersamaan takpikir itu termasuk ajaran islam. Ambil sisi positifnya lah, ga perlu ikut yang sisi mubazirnya.. Kita punya wewenang untuk memilah kok, ga harus ikutin semua ritual. thx..

Anonymous said...

kebagian apem gak... keasyikan jepret2.. jangan2 malah gak dpt apem.. Moga2 aja makna berbaginya terus sampai diluar acara itu ya...

Anonymous said...

barangkali yang mesti dipahami adalah makna pembagian apem. apem menika tegesipun menapa? karepe kyai gribig menika pripun? kalo sudah ketemu, boleh jadi lebih Islami secara esensi. tidak sekadar kultur Arab yang dianggap ngislami... he he he

tjahaju said...

waah mamaku juga masih tuh, meleestarikan tradisi bikin apem.. tp klo menjelang puasa gitu...

Judith said...

Waah..itu rakyat pating kemruyuk kok kayak semut yo ...

mas punya resep-e apem ? mau donk ...

Hadi said...

Islam nanggepi ananing tradisi, nek tradisi kuwi mengandung kesyirikan wajib ditinggalke, nanging nek tradisi kuwi ora mengandung kesyirikan entuk dilakoni.
Monggo dipun pikir piyambak,,ingkang taksih remen rebutan apem mboten sah dipun larang, ingkang sampun mboten remen rebutan apem mboten sah dimusuhi. Saling hormat menghormati.