... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Monday, February 18, 2008

Hari Jadi Kota Solo

Momen Hari Jadi Ke-263 yang jatuh pada Minggu, 17 Februari kemarin dimanfaatkan Pemkot Solo untuk menegaskan komitmennya. Terutama dalam melestarikan budaya Jawa. Semua peserta upacara mulai Walikota sampai tamu undangan mengenakan pakaian adat Jawa, jawi jangkep keprajuritan. Pidato dan seluruh protokoler juga memakai tata cara Jawa. Musik pengiring upacara juga diganti dengan gending-gending Jawa. Pembawa acara yang biasanya menginformasikan urut-urutan acara dalam bahasa Indonesia akan memakai bahasa Jawa. Begitu juga pidato Walikota.

Pada kesempatan itu di-launching pula penggunaan aksara Jawa untuk semua nama instansi, badan hukum dan sekolah baik negeri maupun swasta, serta di pusat-pusat perbelanjaan.

Melestarikan budaya Jawa lewat upacara sebenarnya telah dirintis wali kota sebelumnya. Pada saat Walikota Imam Sutopo semua peserta upacara hari jadi juga mengenakan busana Jawa. Namun saat itu belum sempurna. Ada yang mengenakan sepatu, ada pula yang memakai selop. Bahkan ada ibu-ibu yang tak berkonde dan hanya mengikat rambutnya.

Sejak Jokowi (Ir. Joko Widodo, walikota sekarang) menjabat, dia berusaha menyempurnakan rintisan para pendahulunya. Dalam suatu dialog dengan warga mambahas cagar budaya di kantor sebuah media beberapa waktu lalu Jokowi mengaku tak begitu menguasai masalah budaya. Untuk itu dalam membangun kota ia melibatkan budayawan. Semoga berhasil bos..

gambar dari solopos.net

18 comments:

elyswelt said...

nget pas hari ibu Kartini nih , semua murid perempuan harus memakai pakaian jawa lengkap dengan kondenya :D

kenapa nggak mudah ya, nulis dalam bahasa jawa , angel tenan, padahal ngomongnya gampang ya ?

-imam- said...

ho oh yo...nulis nggo boso jowe jebul angel tenan..padahal nek ngomong ketoke yo penak tenan was wis wus wes wos hahaha

Siti Jenang said...

menurut saya sih tidak terlalu penting apakah pakainan atau tulisan yang mereka pakai adalah Jawa. lebih condong ke jargon aja kayaknya. lebih penting adalah hati, pikiran, dan perilaku para pejabat pemda itu. apakah sudah cukup Jawa? *kabuuuur*

Si Mbah-nya Temon said...

Si Mbah : "Selamat ulang taon buat Solo...mana kuenya...Si Mbah laper tenanan je...."

aLe said...

mari kita jaga budaya kita bersama-sama

c ewektulen said...

Selamat Ultah Solo!!!

sayurs said...

#elys : lha saya juga mingsih susah (bahkan ndak bisa) nulis dalam bahasa nJerman :D

#imam : berharap aja ada kibod beraksara jawa, ya ?

#jeng siti : ya mungkin itu salah satu pekeling saja, lha klo pakaian n tulisan ikut di abaikan, apalagi ngingetin ttg perilaku hmm..

#si mBah : ulang tahun Solo ga ada kue mbah, adanya tumpeng plus ingkung he..he..

#ale : marreh !!

#senja : suwun... suwun...

isnuansa said...

wis suwe ra tau ngrungokke pidato boso jowo...

sachroel said...

wah...lumayan...memang harus ada usaha dari semua pihak buat melestarikan budaya.

biarpun saya bukan "wong jowo" & "ora mudeng" bahasa jawa....tapi tetap mendukung dong.

(mendukung nya lewat kmentar doang tapi wuehehe....gak biasa apa2 sih)

amethys said...

Solo ultah? wah met ultah solo.....trus piye kabare sego liwet mbok lemu???

hiks kangen

regso said...

semoga itu tak sebatas slogan maupun simbol-simbol

dirgahayu solo

Rey said...

Lha pakde-ku yo Jokowi, tapi Joko Wijono, hehehe :D

17 Feb juga hari merdekanya Kosovo (kalo ndak salah...).

Lha trus yur, berarti pas upacara awakmu melu konde-an yo?? wakakkakk :D

hanee said...

solo ultah...
memang siapa ortunya ya??
sayang banget diriku langsung pulang dari jakarta, harusnya ke solo dulu ya.....

sayurs said...

#isnu : nyetel radio suriname aja :D

#sachroel : thx dah pokoknya..

#wieda: sego liwet keprabon makin rame aja..

#regso: komen kepekso :P

#rey: pakdhemu geneyo ?
kemerdekaan yang di sponsori US ?
konde mbahmu kiper, macak hanoman malah :P

#hanee: ultah n ortu hubungane apa ya.. :P

ichal said...

nambah umur solo ya yur?

moga lebih keren lagi dimasa depan kotamu dan penduduknya juga tentu.

agaz said...

nggawe mata uang dhewe ora kang? dollar solo... ayo kita jaga kelestarian budaya .. jangan sampai punah ditelan perkembangan teknologi..

geLLy said...

selamat ultah kota solo moga tahun ke depan jauh lbh baik amieNNN..^^o^^

solo indah bngt ya...aku durung nate ke solo,pernah sekali itu aja grup :D

anywhere_Smile said...

Engagement much more experience pandora jewelry from then on become the most accepted by pandora bead new couple.Engagement ring is the expression among Pandora charms love plus association in which twosome shares. Generally buy Pandora indicates love and purity and as such people would delight discount pandora the diamond turning into for such particular and special pandora sale relationships. Solitaire diamond rings are outstanding for pandora earrings engagements. Expert artisans make that gemstones far cheap pandora earrings more attractive giving them special cuts. Towards the effort comes pandora sets to pay for jewelry for Mom you will notice jewelry has become cheap pandora sets optimum novelties you can still give your mom.