... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Monday, January 14, 2008

Sukses pun berawal dari kesalahan

Colombus melakukan "kesalahan" yang besar dalam perjalannya mencari jalur ke India, karena ia malahan menemukan benua Amerika. Bertahun-tahun kemudian, jutaan orang mengikuti "kesalahan" tersebut untuk menuai kemakmuran hidup mereka. Masihkah bisa dianggap sebagai kesalahan?

Bagaimana dengan sejarah ditemukannya coklat? Bagaimana terjadinya aspal, bensin dan minyak? Tahukah sampeyan sejarah pembuatan teh? Dan banyak lagi proses barang-barang yang ada di sekitar semua. Tidak semuanya tercipta dengan sengaja, namun lebih dominan dari ketidaksengajaan dan kesalahan. Aneh kan?

Sekarang, bila anda merasa tidak pernah melakukan kesalahan atau kegagalan, maka anda memiliki problem yang sangat serius. Hampir dipastikan situ sedang berjalan di tempat atau tidak melakukan apa-apa. Dirimu tidak melangkah satu jengkalpun. SUNGGUH! sampeyan harus melakukan kaji-ulang tentang pergerakan sampeyan menuju sukses.

Namun bila situ melakukan kesalahan, berarti situ telah berbuat sesuatu, dan kesalahan itu membisikkan pada kita sesuatu yang lebih baik untuk kita kerjakan. Sesuatu yang benar yang seharusnya kita kerjakan. Kesalahan adalah sebuah petunjuk (?)

Anda sedang berada di padang pasir yang luas. Terik mentari membakar dan kerongkongan menjadi kering. Anda menemukan secarik kertas yang bertuliskan "Hati-hati. Botol satu berisi air dan yang lain berisi minyak". Ketika harus memilih mana botol yang berisi air untuk mengilangkan dahaga, kemungkinan anda akan memilih botol yang salah karena kedua botol tersebut tertutup rapat dan bentuk botol pun sama.

Setelah situ mengambil botol dan membukanya, ternyata minyak yang didapatkan. Salah memilih. Namun kesalahan ini telah membisikan sesuatu, bahwa botol yang berisi air adalah botol yang satunya lagi. Tuh kan, betapa kesalahan juga bisa menjadi kunci sukses kita menemukan sebotol air.

Lha jika situ tidak memilih sama sekali, maka situ tidak melakukan kesalahan, namun sampai kapan pun sampeyan tidak mengetahui mana botol berisi air. Saya yakin lama kelamaan sampeyan akan mati kehausan.

Berbuat cermat sangat penting, namun dalam kondisi tertentu kita perlu mengambil risiko. Dan bila kesalahan itu terjadi, maka dengarkan bisikannya. Patuhi, karena kesalahan tidak pernah bohong saat membisikan pada kita sebuah jalan yang harus kita ambil.


sumber : Time to Change, Hari Subagja

16 comments:

.: Kartika :. said...

trus.. trus.. gimana dong kalo kita nggak sadar atas kesalahan yg udah kita lakukan? ;p

amethys said...

kesalahan adalah petunjuk...hehehehe bener...satus nilaine...

makanya, bukankah kita diajarkan untuk mencari hikmah terbaik dibalik suatu kemalangan yg menimpa kita?
nah kesalahan adalah petunjuk untuk lebih melihat ke diri kita sendiri...apa seh yg kita lakukan???

hehehe sok arif ah aku kiy

geLLy said...

setujuUuuuu...aku kasih nilai 100 kembali 5000....^^♡^^
:D

yup doozo pantang menyeraH....^^♡^^

Fiz said...

Ternyata aq salah masuk ke blog ini, kok gak dulu-dulu..... :)

regsa said...

dengan kesalahan kita mengetahui kebenaran .

regsa said...

konon, menurut orang tuamu, situ merupakan buah dari kesalahan juga . Salah masang KB.. :lol:

regsa said...

sorry aku gur moco judule thok..ora ono wektu je, ngo moco tulisanmu ..

dEEtHa said...

oOoooo.. gitu toh mas?!!
*manut2 aja deh* xp

sayurs said...

#kartika : percikin air ke muka ntar kan juga sadar :P

#wieda : lha ya kaya gitu kayaknya :D

#gelly : 100 balik 5000, rentenir wkakaka..

#fiz : lha ya salah masuk, wong situ lewat jendela belakang kok :P

#regsa 123 : tak tompo kanthi rilo legowo, aku ngerti maksutmu OL sedilit thok mung pengin ninggali sampah thok to, modhielmu...

#deet : lho piye to ki, malah manut2 ae, jo gawe bingung to :D

Dony Alfan said...

Ternyata masih ada tempat untuk orang salah seperti saya...

*Posting pencerahan kih, apik apik

Cempluk said...

asal gak ngulang kesalahan berkali kali..:p

AM Mufti said...

Kesalahan = pengalaman yang berharga. Bahkan teori bumi mengelilingi matahari pun bermula dari sebuah teori matahari yang mengelilingi bumi.

haniyahsofyan said...

kesalahan memang pengalaman, tapi menjadi berhasil tidak harus selalu melewati kegagalankan

Rey said...

wah berarti bentar lagi gue bakalan jadi org sukses nih, soalnya gue udah kenal orgyang salah, namanya sayur, hehehehe nggak deng yur... gak nyesel kenal sampeyan kok... :D

sayurs said...

#dony : sokur yen akhire awakmu gelem ngakoni salah :D

#cempluk : ya seperti apa kata kak Roma..

#mufti : begitulah..

#hanee : thats right sist, cuma kita tidak boleh selalu memandang sinis pada yang namanya kesalahan, thx

#rey : kuakui itu, makanya kau kudu kasih royalti ke aku tuh.. Dazars.. btw thx pren

afie said...

yg penting belajar dari kesalahan, jgn mengulang kesalahan yg sama, & jangan meniru kesalahan org lain