... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Monday, October 1, 2007

Malem Selikuran

Acara ini merupakan tradisi Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo yang dilakukan setiap malam ke-21 bulan Ramadhan. Tradisi itu digelar untuk menyongsong lailatulkadar.

Malem Selikuran ditandai dengan kirab seribu tumpeng. Kirab diawali dari halaman Pagelaran Keraton Surakarta, berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Taman Sriwedari Solo.

Barisan kirab diawali oleh para prajurit keraton yang membawa simbol-simbol kebesaran keraton, kemudian dikuti oleh kereta kuda Retno Puspo dan Retno Juwito, yang ditumpangi oleh kerabat keraton.

Di belakang kereta kuda, diikuti barisan 24 ancak cantoko, yang berisi seribu tumpeng serta barisan 21 lampu ting, yang melambangkan peringatan "Malem Selikuran".
Sesampai di Taman Sriwedari, 1.000 tumpeng tersebut diserahkan oleh salah seorang kerabat keraton dan diterima ulama keraton. Setelah berdoa 1.000 tumpeng dibagikan kepada masyarakat, yang lebih dikenal dengan istilah ngalap berkah. Ribuan masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan, ikut memperebutkan tumpeng-tumpeng tersebut, yang dipercaya dapat memberikan berkah.

Menurut salah seorang Pengageng Keraton Surakarta, KRA Winarnokusumo, upacara "Malem Selikuran" ini sebagai bentuk ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa serta sebagai wujud permohonan atas keselamatan.
Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian bu
daya Jawa.

Tahun ini, malem selikuran kalo ga salah diadakan / jatuh pada besok malam, selasa 2 oktober. Tapi satu yang pasti, kita tentu sangat mengharap berkah dari malam Lailatulqadar, kapan pun itu jatuhnya..

20 comments:

regso said...

malam selikuran dalam bhs engresnya "twenty oneAn Night"
Melok rebutan apem yurr ??

pernah urip no solo said...

wedoke solo metu kabeh ra ?
Nunggu berkah karo sengol2an, sesuatu yang mengasyikkan tentunya..

Polsek nGading said...

yuur...jangan ngulangi perbuatanmu yang dulu, nyopet kalo ada keramaian.Bilang didiri kamu..aku berusaha untuk tidak melakukan..kamu tentu bisa ...

LifeByYourHand said...

bererti malam ini yach om, lailatulqadarnya ??

Joell de Franco said...

Wah wah wah...saya suka banget ma pemuda(kowe rak isih enom to kang?) yang concern ma urusan budaya dan tradisi seperti sampeyan ini...saya berharap suatu saat kita bisa ngopi bareng, saya ma si doni nemu tempat ngopi baru yang cozy banget di dekat smu 7 surakarta, join us bro..!!!

sik tau kelayapan nang solo said...

cewek'e metu kabeh, semua orang berdesak-desakan..lha biasanya kamu ngambil unutng dari sini..janganlah..inget taon kemaren udah mampir ke polsek ngading..bilang dari diri kamu..kamu bisa !!untuk ga ngelakukannya....

f.dian ardi wulandari said...

Trimakasih atas kunjungannya ke blog saya. malem selikuran?sebenarnya saya agak ga begitu mudheng dengan yang begituan. tapi kok saya lihat di komentarnya regso,ada kata-kata 'rebutan apem'.sepertinya itu ada di kota saya ya...hehehe.klaten..

sayurs said...

#regsa 1,2,3 : berkah bisa dalam bentuk apa saja :P :P

#Om Koz : Lailatulqadar kita ga tau kapan turunnya, yang pasti (katanya) disepuluh hari terakhir

#Joel : SMU 7 ki sebelah endi :D rapaham..

#adek : kowekuwi sing klayaban nang solo trus nginep nang polsek ngGading, ojo dibaleni ya :P

#dian : regsa itu ngawur, selikuran ga ono apem, onone tumpeng. Yo yen apem memang nang Tinom, cedak ?

regso said...

walah... salah siji masih dapat sembilan.
tahun iki wis ra nggo apem lagi yoo..
hohoho

Evo said...

walauapapun,semoga kita sentiasa dirahmati oleh ALLAH.Hidup dan mati kita hanya di tanganNYA !!

ichaAwe said...

ooohhh masa ada yah orang keraton jaman sekarang??? baru tau saya ... saya kira cuma tinggal museum nya aja *bodoh.com*

Vie said...

Budaya seperti selikuran ini memang patut dilestarikan, jadi anak cucu kita akan terus menjalankannya. Halah... serius amat nehhh!

amethys said...

wah ngga terasa udah selikur dino yah?? :)
kebayang ramenya tuh solo klo pas ada acara "nglalap berkah"
hiks jadi pengin ikutan nonton...kangen sama mbok lemu di mangkunegaran...dan mbok2 yg juwal sate kere..di dekat sriwedari...

Rey said...

Bo', mo ngasih semangat aja, malam lailatul qadr tu semua org bs dapet, soalnya pas malem itu ibadah apapun yg dikerjain akan dikalikan 1000 bulan, tp kalo malah turu terus, yo ra enthuk opo2.

Moco tulisanku, aku dadi rindu kampung halaman. Solo... wait for me...!! next week (Insya Allah...) :D

Muhammad Mufti said...

Nganggo kirab kebo bule ora mas?

sayurs said...

#regso : ngeyel cah iki, wit ndisik selikuran ga ono apem e.. :P

#evo : thats right bro

#bunda Icha : kraton tetep berdiri megah, beberapa acara adat masih dilaksanain kok..

#bunda Vie : ayo.. ayo.. serius !! :P

#wieda : kangennya kok ama mbok2 (perempuan) jangan-jangan...

#tante Rey : tidur pun ya serasa tidur 1000 bulan :P

# mufti : kebo bule di kirab cuma pas malem satu suro

adekjaya said...

lha ndisik sik nginep nang polsek ngading lak kowe..aku khan pengunjung..khan wis dikandani, begitu dapet, isinya disikat, dompetnya dibuang...

lady said...

acara itu masuk bid'ah gak ya...?

Dony Alfan said...

Golek dompet tho kang? Hahahah
Mari berlomba dalam kebaikan!

Novee said...

Gyahahaaaa *ketawa sambil guling2 ampe sakit perut*
lebih seru baca komentar temen2 nye neh...
Dulunya suka nyopet & ngambil kesempetan kl lg desek2an ama cewe tho?
Hayo, srius blg di diri kamu sendiri... A
KU BERUSAHA UNTUK TIDAK MELAKUKAN NYA LAGI...!!
hayo, kamu pasti bisa...

Wakakakkk... kabuuurrr!