... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Thursday, October 4, 2007

kemunafikan biang krisis negri ini

Seandainya di bumi Nusantara ini tidak ada orang munafik, atau jumlah mereka itu tidak berarti jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ratusan juta ini, maka krisis di negri ini akan cepat selesai. Jadi kalau negara ini sulit keluar dari krisis berkepanjangan ini, itu tandanya orang-orang munafik masih merajalela di jazirah ini. Tak perlu tunjuk hidung siapa yang munafik lah..

Kalau menurut hadis,
orang munafik itu ya yang jika berkata ia dusta. Jika dipercaya, berkhianat. Dan bila berjanji dia mengingkari. Hadis ini sangat terkenal, diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Apa yang dia katakan itu tidak tulus dari hati sanubarinya. Hanya untuk mengibuli atau mengecoh orang lain. Tujuannya, ya untuk kepentingannya atau kelompoknya sendiri. Hal ini tampak jelas pada saat pemilu. Berbagai kata manis dilempar dan segala janji diumbar. Agar orang mau mendukung, memberikan suaranya. Tapi setelah terpilih semua itu dipungkiri, diingkari.


Keluhan orang miskin tidak didengar lagi. Teriakan buruh kecil dibiarkan hilang diterbangkan angin. Janji untuk memperbaiki nasib rakyat jelata, dibiarkan sirna. Akhirnya rakyat lupa akan janji mereka. Dan mereka sendiri alpa dari apa yang mereka janjikan. Bahkan sering keputusan para elite ini berlawanan dengan tuntutan warga yang fakir, yang yang miskin dan yang terlantar, yang mestinya diperhatikan oleh negara. selama kemunafikan merajai negri ini maka tak ada harapan untuk dapat kembali ke alam kehidupan yang sejahtera.

gambar simbah dari sini

17 comments:

ichaAwe said...

mmhhh tarik nafas ... keluarkan nafas... tarik lg..keluarkan lagi... alhamdulillah msh bs bernafas mas :)

Vie said...

Menggebu-gebu nih ceritanya.

Orang munafik itu gak takut dosa, jadi gampang aja ngumbar janji.

artja said...

orang munafik itu ada di dasar neraka, menjadi bahan bakar bagi apinya.

Lha, mungkin orang yang mendiamkan kemunafikan, juga ada di pertengahan neraka. Bukan di dasarnya, tapi tetep aja neraka juga.

Hiiiii. Naudzubillahi min dzalik

lady said...

lha trs harus gimana dong... spy kita terhindar dr dasar maupun pertengahan neraka? demo? protes? :)

amethys said...

susah yah? abis gimana lagiiii......laah penggede2 mung mikir "sak" iki...(sambil nunjuk kantong masing2..) lah piyeee....??

LifeByYourHand said...

munafik...! satu kata yang bisa mnyebabkan perpecahan di mana2..!

Istighfar...

achi said...

semoga kita tidak termasuk orang2 yang "muna"

sayurs said...

# Bunda Icha : (cesar ???)

# bunda Vie : mereka tahu dosa tapi mereka ga peduli kayaknya..

# Artja : di neraka paling dasar, pojokan, deket WC cowok, kebayang kan ? ha..ha.. btw semoga kita terhindar darinya

# Bunda Elen : ya kita mencegah, or mengingatkan ato minimal mendoakan (kira2 begitu ?)

# wieda : lha iyo Wied, trus kantongmu spo sing mikir ya.. :P

# Om Koz : setuzu !!

# Achi : Amin dah pokoknya..

Joell de Franco said...

Endonesa...ra umum!!!(hahaha), Wah gak nyangka sama sekali ternyata di balik kekempluanmu ternyata tersimpan potensi yang dashyat seperti ini, ayo terus tingkatkan lagi...kontes PILDACIL sudah menunggumu...hidup Dacil Sayurs!!!!

mitora in life said...

hmmm, yo opo ya..., soale mitra pun pernah seperti itu... :(

emang sih, tetep aja kemunafikan tuh musuh yang berbahaya...

Rey said...

mbah sayur, iku gambar karikature sampeyan tho? apik kok mbah...

adekjaya said...

Alhamdulillah..akhirnya bakat yang kau pendam untuk jadi juru ceramah pengajian ibu-ibuk keluar juga..ayuh, tetep semangat menebarkan benih-benih kebaikan..hidup ustad sayurs !!

fotomu ojo dipasang kuwi..

sayurs said...

# panJoel : jo lali dukung lewat sms le..

# mitra : thats right sist

# bulik Rey : ngganteng ya, dazars !!

# Adek : merintis dari tingkat er te.. :P

Dony Alfan said...

Wah, posting yang komplit, soko ngomongke kemunafikan, pemilu, nganti komplit nggo hadits barang.
Moco postingmu iku rasane bedo karo ngobrol nang YM, heheh
Sukses slalu, salam nggo mbake sing dodol kolak nang Manahan!

almascatie said...

munafik dijaman skarang adalah hal normal, kejujuran adalah ketidak normalan... maka marilah kita menjadi orang2 munafik terhadap pemerintah ini, *kaburrrrrr*

Muhammad Mufti said...

Sing munafik nang Indonesia iki pejabate apa rakyate to?

Novee said...

haiyah, koq ya marah2 mulu siy, ntar stroke lho...

ada org terkenal yg munafik yg sy tau... ituh si dedengkot geger kalong yg kawin (lg)
kata ama perbuatan ga sama brarti munafik jg kan?
*jgn salah, bukan protes K lagi nya lho coz sy pro poligami... hiya!*

nah, brarti munafik tuh ada ama siapa aja, ga cuma pejabat ato rakyat tp ulama juga bisa munafik.
*jgn2 sy, kamu & mereka jg munafik niy...*