... urip opo anane kadyo ilining banyu, ora kedhuwuren gegayuhan, ora kejeron pasrahe ...

Monday, September 3, 2007

Cahaya harapan mengikis kegelapan batin

Kegelapan batin tidak hanya menjadikan gelap bagi jiwa seseorang, tetapi menimbulkan keonaran dalam keluarga, kericuhan di masyarakat, kekerasan, kekejaman, tawuran, pelecehan hukum, dan pembunuhan. Kegelapan batin yang bersekutu dengan kekuasaan, senjata, bahkan teknologi akan menghancurkan tatanan dunia, peradaban, dan kemanusiaan. Bumi ini menangis menyaksikan perilaku manusia dalam amuk kegelapan.

Lalu, adakah harapan bagi kedamaian? Tiap umat beragama harus mempunyai harapan itu, betapapun lemahnya cahaya itu. Kita melihat sumber kehancuran: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin ada serta berasal dari dalam diri tiap orang. Betapaun sulitnya, adalah kewajiban tiap orang untuk membangun dan mengukuhkan keyakinan atas tanggung jawab terhadap tiap perbuatannya. Moralitas menghargai semua kehidupan, mencintai sesama, menerima perbedaan sebagai realitas kehidupan, harus menjadi tema utama pendidikan seutuhnya. Moralitas mencintai dan mengasihi akan membuat seseorang mampu mengendalikan diri dan memahkotai hidup kesehariannya dengan etika.

Sungguh tidak mudah menembus kegelapan batin dengan moralitas kasih sayang bagi semuanya. Tetapi, marilah kita mengajak diri sendiri dulu untuk membuat komitmen kuat dan latihan mental terus-menerus dalam mengusir kegelapan batin dengan moral mencintai dan mengasihi. Tanpa komitmen kuat dan konsistensi mental, kegelapan yang menyelimuti dunia ini tidak mungkin bisa pudar hanya dengan menampilkan simbol-simbol, ritual atau wacana keagamaan semata.

Dengan memulai dari diri sendiri, kita memberikan keteladanan dan mengajak keluarga kita serta semua orang. Keteladanan berbuat baik yang tulus amat dibutuhkan masyarakat dalam mempertahankan kesejahteraan bangsa.
Marilah kita bekerja keras bersama siapa pun yang berniat baik, apa pun agama atau keyakinan, dengan ketulusan hati dan kasih sayang guna membantu siapa pun yang menjadi korban kegelapan batin. Dalam dunia yang sakit, yang sedang terancam kehancuran peradaban, yang diliputi kebutaan moral, kita tumbuhkan kasih sayang guna menolong semuanya dengan kebajikan.

6 comments:

Sinopi said...

Mari...!
*koq Mbah Zeng Ho srius mulu siy*

Anonymous said...

Nice posting......
menyentuh untuk kita renungkan.

Anonymous said...

mencoba dari diri sendiri malah kadang sulit jga.... hiks skarang kita disikat kiri dan kanan untuk menjadi apatis.. tapi sayah percaya kok.. masih ada orang2 yg kaya gitu termasuk yg punya blog ini :))

*salam kenal makasih dah mampir blog sayah*

sayurs said...

2 Om Alma : ah si om ini, doain ya Om

Anonymous said...

grRRRRrrrRRRRRrrr
alma lagi!!
*histeris on*
MAYYYYYYYYYYY kaw tanggung jawab!!!
hiks hiks hiks....
:(

Anonymous said...

makasiy ya jin, kamu masuk lagi, paling nggak rencanaku korupsi besok2 masih aman2 aja, lancar jaya!!